Sabtu, 01 Mei 2010

Lestarikan Pasar Tradisional

Cikarang, Bekasi, 30/7 (Antara/FINROLL News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat (Jabar) akan membangun 20 unit pasar tradisional baru guna mengimbangi pertumbuhan pasar modern yang kian menjamur di wilayah setempat.


Wakil Bupati Bekasi, Darip Mulyana, di Cikarang, Kamis, mengatakan tingkat persaingan bisnis usaha perdagangan mulai dari toko swalayan kecil hingga mal di Kabupaten Bekasi kian meningkat seiring peningkatan laju perekonomian penduduk
setempat.
"Sementara usaha kecil masyarakat di pasar tradisional semakin tersisih dan tidak mendapat tempat. Karena itu dalam rencana pembangunan tahun 2010, sekitar 20 pasar tradisional baru akan kita realisasikan di Kabupaten Bekasi," kata Darip. Ia menambahkan, Pemkab Bekasi hingga kini sudah merealisasikan satu unit pasar
tradisional di Kecamatan Cibitung. "Pembangunan fisiknya menghabiskan biaya sekitar Rp1,5 miliar melalui APBD 2008," ujarnya.
Apabila satu unit pasar rata-rata membutuhkan biaya pembangunan sekitar Rp1,5 miliar, kata dia, maka Pemkab Bekasi harus menyiapkan dana minimal Rp30 miliar untuk membangun 20 pasar tradisional baru. "Sampai saat ini Kabupaten Bekasi baru memiliki total 12 pasar tradisional. Pembangunan pasar tradisional itu bertujuan memberi tempat bagi pedagang kecil sehingga akan membangun perekonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi," katanya.

Secara terpisah, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Bekasi, Hilaludin Yusri, menyambut baik wacana tersebut. Menurutnya, pedagang pasar tradisional banyak
dirugikan dengan semakin maraknya pembangunan kawasan pasar modern. "Jelas mereka tidak akan kuat bersaing dengan pengusaha besar yang membangun pasar modern yang mayoritas jaraknya sangat berdekatan dengan pasar tradisional sehingga pelanggannya lebih memilih gedung yang memiliki AC dan nyaman ketimbang harus kotor-kotoran dan mencium bau tidak enak di pasar tradisional," katanya.
 Hilal juga meminta
kepada pihak terkait agar tidak hanya menyediakan fasilitas bagi pedagang tetapi memberikan bantuan kredit usaha ringan pedagang pasar untuk mengembangkan usaha mereka.
 "Selain itu ke depan juga harus ada upaya pelatihan bagi pengusaha kecil agar mereka memahami ilmu perekonomian yang dapat bermanfaat bagi usaha mereka kelak," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Recent post

EKONOMI (3) GAYA HIDUP (7) HUKUM (12) POLITIK (1) REALITAS (8) SOSIAL (5) WAJAH (5)
Powered by  MyPagerank.Net

monitor

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
SEO Stats powered by MyPagerank.Net